Perjalanan by Lulu Lutfi Labibi

PERJALANAN


Berkarya adalah perjalanan untuk merayakan kegelisahan.
Kegelisahan tercipta untuk melahirkan sebuah cerita.
Cerita ada,karena sebuah perjalanan.

Mungkin sebait kalimat diatas adalah alasan saya untuk menjadikan tema besar dalam koleksi terbaru Spring 2017 ini dengan judul "Perjalanan".Tidak ada yang lebih indah dari proses.Tidak ada yang lebih hidmat dari perjalanan itu sendiri.

Mungkin kita sering mencatat di buku jurnal tentang goal,tapi kadang kita sedikit lupa akan proses dengan segala gelap dan terangnya.Bahwa proses juga harus kita "rayakan".

Untuk tema besar perjalanan ini,selain perjalanan personal saya dalam berproses kreatifitas,perjalanan ini saya juga dedikasikan untuk Lurik.Kain yang sangat dekat dengan saya,dan darinyalah kami bergandengan tangan serta tumbuh bersama.Lurik dengan segala ceritanya,telah melampaui perjalanan yang sangat panjang.

Dalam merayakan "Perjalanan" ini,saya melahirkan lurik motif baru kontemporer yang saya desain dengan menggandeng pengrajin lurik ATBM di daerah Pedan,Klaten.Semua lurik dikerjakan dengan alat tradisional atau yang biasa dikenal dengan istilah ATBM (Alat Tenun Bukan Mesin).Dari alat tradisional inilah lahir motif-motif baru yang akhirnya saya memberikan nama-nama selayaknya bayi yang baru saja lahir.Bahkan,saya juga meminta sahabat untuk menyumbang nama khusus untuk mereka.Maka lahirlah nama diantaranya Lurik Alur Tekun,Duka Luruh,Reda Gulana,Damaihati,dan Baur Rupa. 

Semua nama terinspirasi dari sebuah alur perjalanan.

Dalam koleksi terbaru ini,saya menampilkan 42 look dengan karakter yang masih dalam ranah LULU LUTFI LABIBI.Teknik drapping masih menjadi DNA dalam berproses kreatif.Koleksi terdiri dari atasan simpel serba longgar tapi mempunyai detail yang unik,celana longgar,rok lilit lurik kombinasi lace,outer,kutang lurik dan denim,serta dress dengan detail unik yang terlihat sangat spontan.Kemeja putih deskontruktif juga hadir seperti menu wajib dalam sebuah styling.

Koleksi didominasi warna hitam,biru gelap,putih,warna tanah,dan merah sebagai penguat dan penerang diantara warna gelap.

Akhirnya saya harus berterimakasih dengan semesta.Dengan segala kebaikannya,lahir koleksi "Perjalanan".Sebuah alur pencarian untuk menemukan,mengenal dan akhirnya menerima diri sendiri,lalu bersyukur atasnya,dan berbagi untuk sesama.


Mari kita rayakan.

LULU LUTFI LABIBI