LaSalvia by Ayu Dyah Andari

Ayu Dyah Andari merupakan salah satu desainer busana pesta untuk wanita muslimah yang telah memulai kariernya sebagai desainer sejak tahun 2011 dan mulai naik daun sejak 2013 lalu. Kini penjualan produk pakaian Ayu telah menjangkau beberapa negara mulai dari Malaysia, Taiwan, Brunei Darussalam, hingga Korea.

Passion yang kuat di bidang fashion dan semangat dari keluarga, menjadi faktor kuat yang mendorong Ayu untuk berani terjun ke industri fashion. Hal tersebut dibuktikan dengan pencampaiannya sebagai salah satu dari 10 besar desainer terbaik yang mengikuti kompetisi desain bergengsi Indonesia Fashion Week (IFW) pada tahun 2013.

Garis desain vintage dan klasik menjadi ciri khas dari rancangannya hingga saat ini. Selain menjadi salah satu desiner terbaik, Ayu juga dipercaya sebagai desainer yang merancang gaun untuk para kontestan Miss World 2013 dari berbagai negara. Kala itu, Ayu menyajikan rancangan gaun pesta dengan sentuhan songket Palembang bertemakan “Aura of Elegancy”.

Rose merupakan signature dalam karya karya-nya koleksinya yang bertemakan “The White Roses” berhasil menghiasi show Indonesia Fashion Week 2016, yang padahal dikerjakan hanya dalam waktu pengerjaan sepuluh hari dengan desain couture yang elagan bernuansa putih.

Tak hanya Rose, eksplorasi design dan concept kara karyanya juga beragam. Wanita kelahiran Palembang ini pun ini lalu menunjukan element of surprise pada tahun ke-lima-nya berkarir, di Jakarta Fashion Week 2017 dia meciptakan karya dengan nuansa hitam putih bertemakan “The Swan”.

Ayu juga sangat cinta terhadap kain tradisional Indonesia, Ia membuktikannya dengan mengeluarkan koleksi-koleksi pakaian dengan sentuhan kain asli nusantara. Beberapa koleksinya yang menggunakan kain tradisional Indonesia yaitu “Lady Merveille” dengan kain Tajuong Palembang pada koleksinya untuk JFFF 2013.

“Witchery of Mandalika” dengan kain Tenun Ikat & Songket Lombok pada koleksinya untuk Jakarta Fashion Week 2015, “Gending of Rose” untuk Jakarta Fashion Week 2015, hingga show terbarunya untuk Indonesia Fashion Week 2017 yang bertemakan “Lycoris” yang juga kembali mengangkat keindahan Songket Palembang.

Kepiawainnya dalam mendesain, membuat kain-kain tradisional sebagai material utama dapat berubah menjadi pakaian dengan sentuhan yang klasik dan elegan. Bukan hanya ahli di bidang fashion, Ayu yang merupakan sarjana cumlaude lulusan Fakultas Teknik Industri Universitas Gajah Mada (UGM).

Ayu Dyah Andari pun menciptakan koleksinya secara beragam. Baik itu rancangan ready-to-wear seperti koleksi Lady Lacey, La Bella Vita, hingga Spring Belle-nya, gaun pesta, hingga gaun pengantin pun hadir dengan ciri khas kuat yang membedakannya dengan karya-karya perancang busana lainnya. Kolesksinya siap menjadikan wanita berpenampilan elegan, feminine, anggun namun tetap menunjukan jati dirinya sebagai wanita Indonesia yang menghargai budaya serta hasil karya dari negerinya sendiri.


LaSalvia
Ayu Dyah Andari

Keindahan bunga memang tak henti-hentinya menginspirasi desainer kelahiran Palembang ini. Setelah mengeluarkan koleksi bernuanasa warna senja pada pekan lalu bertajuk “Lycoris” kini ia melanjutkan series keluarga tanaman bunga-bunga nan indah namun berkarakter tangguh.

Untuk mewujudkan impian wanita yang menyukai keindahan bunga namun tetap terlihat anggun dan classy dalam warna bold seperti dark grey, silver, hingga vivid blue, lewat koleksi terbarunya inilah Ayu Dyah Andari memberikan kejutan terbaru berjudul “LaSalvia”.

LaSalvia sendiri diambil dari nama ‘wildflower’ yaitu nama latin dari bunga Blue Sage yang mana bunga inilah yang menjadi ciri utama pada koleksi ini. Blue Sage atau Salvia Farinacea serta Blue Flax bersemi pada pertengahan musim dari wilayah gurun yang dapat bertahan di semua wilayah hingga daerah dingin sekalipun.

Ini merepresentasikan koleksi LaSalvia seperti wildflower; “That we as a tought lady must allow ourself to grow in all the places.” - Wanita cantik dengan sikap tangguh, yang tetap manis di tempat pahit dan tetap tenang meski diterpa badai hebat. Aplikasi embroidery khas pada karya-karya Ayu Dyah Andari kali ini cukup berbeda. Karena pada koleksi kali ini ia menggunakan material organdi sutra dan tulle polkadot yang ia ubah statement-nya menjadi bold sebagai tatanan bunga bordiran khas pada gaun-gaunnya. Juga menggunakan material jacuard perpattern bunga Blue Sage tersebut. Signature khas rancangannya bergaya victorian, gaun luxury ready to wear, gaun pesta hingga gaun pengantinnya kali ini dipercantik juga dengan mutiara & kristal original swarovski yang hadir melengkapi karya Ayu Dyah Andari.


Ayu Dyah Andari

Cibubur Country, Cluster Cheddar Forrest,
Rissa Deskya +62811199908 
byayudyahandari@gmail.com