Berburu Kuliner Lezat dan Fashion Kekinian di JFFF, Intip Jadwalnya

JAKARTA, iNews.id - Bagi Anda pencinta kuliner Nusantara dan fashion kekinian, tentu tidak asing dengan acara Jakarta Fashion and Food Festival (JFFF). JFFF kembali hadir untuk ke 15 kali, pada 5 April-6 Mei 2018.

Secara konsisten JFF hadir untuk melestarikan dan mengembangkan nilai budaya dan perekonomian Indonesia melalui industri mode dan kuliner yang berbasis budaya.

Chairman JFFF, Soegianto Nagara mengungkapkan, dia ingin mengangkat citra, harkat, dan martabat bangsa Indonesia di kancah internasional melalui sektor industi kreatif berbasis budaya.

Soegianto mengungkapkan, dalam 10 tahun pertama, acara JFF hanya dikenal warga Jakarta. Lalu, lima tahun terakhir sudah banyak warga di luar daerah yang mengikuti acar JFFF. Dia ingin lima tahun ke depan, acara JFF dapat di kenal di Vietnam, Malaysia, dan Singapura.

"10 tahun pertama di Jakarta, lima tahun terakhir mencoba membawakan Jakarta sebagai wakil dari nasional. Kami harapkan lima tahun ke depannya bisa membawa ke Asean, sebelum ke kancah internasional,” ungkap Soegianto Nagara, di Museum Nasional, Selasa (27/3/2018).

Acara ini merupakan hasil kerjasama Summarecon dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta. Anies Baswedan yang hadir dalam acara preview JFFF menginginkan festival dapat terus dilaksanakan.

"Kami dari Pemprov Jakarta bukan hanya menyambut baik, kita ingin ini dibesarkan dan diteruskan. Kita ingin Jakarta menjadi tempat ekspresi budaya Nusantara itu muncul lewat ini. Jakarta bukan hanya sekadar tempat untuk mencari penghidupan, Jakarta bukan hanya untuk mendapatkan kesejahteraan, tapi Jakarta harus menjadi pusat ekspresi kebudayaan di Indonesia. Tidak ada kota lain di Indonesia yang warganya terdiri dari seluruh komponen yang ada di Republik ini," ungkap Anis Baswedan.

Fashion Festival tahun ini akan menghadirkan peragaan koleksi brand lokal "Lokon Indonesia" dan menghadirkan 60 desainer yang akan melakukan show, seperti Albert Yanuar, Yosafat Dwi Kurniawan, Jenehara, Marga Alam, Mayaratih, Happa by Mel Ahyar, dan Eddy Betty.

Agenda Fashion festival akan berlangsung pada tanggal 11-29 April 2018. Rangkaian acaranya yaitu: Fashion Village, Bazar Nusantara pada 11-29 April, Fashion Show di Harris Hotel & Conventions Kelapa Gading pada 19-26 April, Fashion Show di The Forum MKG 3 pada 19-26 April, Grand Final Gading Model Search (GSM) pada 7 April, Grand final next young promising designer pada 8 April, Grand final GMS Kids pada 29 April.

Sedangkan Food Festival akan menyuguhkan 100 peserta UKM maupun pengusaha kulier di Kampoeng Tempo Doeloe (KTD) di La Piazza dengan 200 lebih ragam menu Nusantara. Beberapa kuliner khas Nusantara yang disajikan, seperti kerak telor, sate padang, siomay, seblak, serabi, gudeg, dan 10 soto Indonesia pilihan.

Agenda food festival akan berlangsung pada 5-6 April 2018. Rangkaian acara yaitu: Kampoeng tempo Doeloe pada 5 April-6 Mei, Wine & Cheese Expo pada 5-29 April, JFFF Run pada 22 April.


Oleh: Rahma Sari
Editor : Vien Dimyati